Tujuan Hidup

WhatsApp Image 2020-01-09 at 11.14.13 PM

Setiap kita dilahirkan ke dunia ini memiliki sebuah misi yang Tuhan titipkan. Mengapa kita hidup di dunia ini? Tentunya teman-teman semua memiliki jawaban atas pertanyaan itu.

Tujuan hidup saya adalah membantu orang lain dalam memaksimalkan potensi yang mereka miliki agar mereka bisa tumbuh & berkembang untuk mencapai tahapan keberhasilan dalam hidupnya. Saya percaya bahwa setiap anak punya potensi untuk sukses bila bertemu dengan dengan orang yang tepat yang bisa memfasilitasi tumbuh kembang serta minat bakat mereka. Setahun menjadi Pengajar Muda merupakan sebuah pengalaman hidup yang tidak terlupakan dimana saya bisa menjalani tujuan hidup saya tersebut. Saya pernah mendampingi anak murid belajar hingga dia bisa lolos lomba ke Jakarta. Jumidah adalah salah satu anak murid saya waktu menjadi Pengajar Muda dulu yang lolos lomba cerpen di Jakarta. Membukakan wacana baru tentang dunia di luar daerahnya. Sekarang, Jumidah sekolah di Jawa Barat, di SMK Bhakti Karya Pangandaran. Sebuah sekolah sekaligus kelas untuk belajar multikulturalisme, toleransi, menjunjung tinggi Kebhinekaan & KeIndonesiaan. Bisa memfasilitasi ruang pertumbuhan untuk orang lain adalah sebuah kepuasaan batin yang saya rasakan. Selama penempatan menjadi Pengajar Muda tentunya banyak sekali pembelajaran yang membantu saya #MenjadiUtuh. Bagi saya hidup menjadi lebih berarti bila kita bisa bermanfaat bagi orang lain, sekecil apapun manfaat itu. Sesuatu hal positif yang kita jalani secara berkesinambungan bisa memberikan dampak besar kepada diri, orang lain dan lingkungan sekitar kita.

Coba tanya dalam hati kita masing-masing, pernahkah kita melakukan sesuatu, lalu kita merasakan kepuasan batin yang luar biasa? Bisa jadi itu adalah salah satu yang menggambarkan tujuan hidup kita. Tujuan hidup erat berhubungan dengan sesuatu yang kita sangat peduli di dalamnya, apapun bidang atau areanya seperti bidang pendidikan, kesehatan, politik, ekonomi, teknologi dan lain-lain. Tujuan hidup juga dekat hubungannya dengan passions dan bakat yang kita punya.

Ketika kita sudah memikiki tujuan hidup, maka tugas kita adalah menjalaninya dengan konsisten sehingga perjalanan hidup kita akan semakin bermakna dan tentunya semakin kepuasan hidup akan kita dapatkan.

Jadi, apa tujuan hidup Anda? Sudahkah Anda menemukannya? Sudahkah Anda menjalaninya?