Gorillas in Hawaii (Proactive, Persistence and Passionate) Kunci Sukses Meraih Mimpi

Kita lahir sebagai PEMENANG, maka menyerah bukanlah kita.

Setiap dari kita memiliki jatah untuk gagal, orang yang tidak menghabiskan jatah gagalnya maka tidak akan pernah pada titik KESUKSESAN.

Banyak orang yang GAGAL menggapai impiannya karena terlalu cepat MENYERAH dan PUTUS ASA

Kesulitan bukanlah ancaman, tapi sarana PENGEMBANGAN.

Semua orang BISA melakukan apapun bila Ia PERCAYA dan MENGINGINKANNYA

 

Pertama kali saya ikut rekrutmen dan seleksi di MidPlaza Holding, saya ditantang untuk membawakan sebuah topic materi tentang Gorillas in Hawaii yang ada di buku Habitudes#3 (The Art of Leading Others) karangan dari Dr. Tim Elmore, USA. Buku tersebut bertema kepemimpinan, mengajarkan kita akan sikap dan karakter seorang Pemimpin melalui sebuah gambar. Dalam tulisan ini, saya akan sedikit berbagi tentang maksud dan tujuan gambar Gorillas tersebut.

Gambar tersebut menceritakan bahwa David yang merupakan karyawan di sebuah perusahaan pembuatan iklan. Pada suatu hari, dia mendapatkan project pembuatan iklan di Hawaii. Tugas David adalah membawa Gorilla ke Hawaii untuk keperluan pembuatan iklan tersebut. David berusaha untuk mengerjakan tugasnya dengan sekuat tenaga walaupun dia tahu bahwa tidak ada satupun Gorilla di Hawaii. Dia berusaha mencari petunjuk melalui buku atau informasi bagaimana mendapatkan dan mendatangkan gorilla ke Hawaii tetapi tidak ada satupun buku yang bercerita tentang hal tersebut. Salah satu cara yang dilakukan David adalah menghubungi salah satu pelatih di kebun binatang Michael Jackson dan pelatih tersebut ternyata tahu bagaimana membawa Gorilla ke Hawaii. Selanjutnya, David berusaha mencari helicopter agar biaya yang dikeluarkan lebih efesien. Dengan perjuangannya, David akhirnya bisa menyelesaikan tugas berat yang belum pernah terbayangkan sebelumnya.

Cerita tersebut memberikan pelajaran untuk kita agar selalu memberikan yang terbaik dari apa yang sudah menjadi tugas dan tanggung jawab kita. Jika kita refleksikan kepada diri sendiri, kita semua bertanggung jawab terhadap apa yang menjadi tugas dan apa yang dipercayakan kepada kita.

Melalui gambar Gorillas in Hawaii, Dr. Tim Elmore mengajak kita semua untuk memiliki sikap dan karakter 3P’s sebagai seorang pemimpin yaitu Proactive, Persistence dan Passionate. Ketiga karakter itu, sangatlah cocok kita miliki dan hidupkan dalam keseharian karena bagian dari komitmen kita untuk mencapai visi misi diri kita.

Proactive berarti kita bertanggung jawab atas apa yang sudah menjadi tanggung jawab kita, tidak menyalahkan orang lain atas kesalahan yang sudah diperbuat, memiliki inisiatif, menjaga komitmen dan memberikan pengaruh positif untuk mencapai hasil.

Persistence berarti kesungguhan, melakukan apapun yang diperlukan agar tujuan tercapai. Persisten berarti mencoba melakukan usaha dengan konsisten agar tujuan dan goal kita tercapai. Konsistensi ini menjadi bagian dari disiplin diri yang harus kita miliki jika ingin mewujudkan mimpi-mimpi kita.

Passionate berarti selalu bersemangat dalam menjalankan pekerjaan kita. Semangat ini akan membawa kita berusaha keras menjalani semua aktivitas dengan kesenangan, tanpa beban dan menikmati sebagai bagian dari proses. Semangat mampu merubah rintangan menjadi tantangan, menghadirkan kepercayaan dan menepis ketidakmungkinan. Semangat bisa menghasilkan kreativitas dan sesuatu yang baru.

IMG_3922 (800x449)

Peserta sedang bekerjasama menaklukkan tantangan bagaimana satu HVS bisa memuat tiga kepala manusia

Berikut ini adalah beberapa aktivitas yang saya lakukan bersama peserta dalam sharing session di MidPlaza Holding terkait tema Gorillas in Hawaii di atas.

IMG_3946 (800x449)

Salah seorang peserta menjawab tantangan bagaimana menyatukan 9 titik dengan 4 garis tanpa mengangkat dan satu titik tidak boleh dilewati dua garis

Kita semua pasti tahu cerita keberhasilan yang dicapai oleh penemu bola lampu Thomas Alfa Edison, Presiden Abraham Lincoln yang menjadi presiden tersukses sepanjang sejarah, Jokowi yang menjadi presiden berjuang dari bawah. Tentu teman-teman semua mengenal sosok-sosok orang yang berhasil meraih mimpinya dengan menerapkan tiga karakter di atas. Karakter yang selalu proactive, bukan reactive. Karakter persistence tanpa kenal menyerah dan passionate dalam menjani semua proses yang dilaluinya.

IMG_3937 (800x449)

Hasil dari menjawab tantangan, satu kertas bisa memuat tiga kepala manusia

 

Semua orang pemimpin besar tumbuh dan besar dengan menerapkan prinsip 3P’s tersebut. Apakah kita ingin menjadi pemimpin sejati? Pemimpin yang memiliki karakter dan kebiasaan yang positif sekaligus memberi warna yang positif kepada orang-orang sekeliling?

Mari bersama-sama menghidupkan sikap dan karakter proactive, persistence dan passionate.

 

Salam Hangat,

Suhariyanto Putra



Comments are closed.