ABOUT SUHAR

IMG-20170917-WA0026-01

 

Suhariyanto Putra, S. Psi

Suhariyanto Putra dikenal sebagai seorang Trainer, Fasilitator, Human Capital Development Spesialist, HR ataupun Research Consultant, Public Speaker, Motivator, Master Ceremony dan Educator. Sekarang aktivitas professionalnya sebagai Assistant Learning & Development Manager & HR Consultant di MidPlaza Holding, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang Internet Communication and Technology, Hospitality dan Property di Jakarta.

Suhar mengawali karir profesionalnya sebagai HR Assistant di PT Kimberly-Clark Indonesia. Tugas dan tanggung jawabnya adalah membantu HR Manager dalam beberapa aktivitas seperti rekrutmen, training, penilaian kinerja dan beberapa aktivitas HR lainnya.

Suhar sebelumnya merupakan fasilitator pelatihan di Gerakan Indonesia Mengajar, yaitu sebuah Organisasi yang fokus dalam bidang Pendidikan. Indonesia Mengajar merekrut dan melatih Sarjana untuk menjadi guru (Pengajar Muda) di daerah terluar Indonesia. Sebagai fasilitator pelatihan, Suhar mendampingi calon Pengajar Muda untuk meningkatkan kemampuan pedagogis (pendidikan) dan kepemimpinannya.

Suhar sendiri merupakan alumni dari Program Indonesia Mengajar, yaitu Pengajar Muda yang ditempatkan di Kabupaten Bengkalis, Riau. Suhar berperan sebagai guru dan konsultan untuk pengembangan pendidikan di Kabupaten Bengkalis. Selama empat belas bulan Suhar mengembangkan beberapa aktivitas untuk kegiatan kurikuler dan ekstrakurikuler. Selain itu, Suhar juga membantu menghidupkan jaringan advokasi pemangku kepentingan untuk meningkatkan kualitas pendidikan baik di tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi dan atau tingkat nasional.

Selama di Bengkalis, Suhar juga pernah menjadi pengisi acara program Lentera Indonesia dan Indonesia 69 untuk kemerdekaan Indonesia di NET TV. Sampai saat ini, Suhar masih aktif membantu Gerakan Indonesia Mengajar dalam beberapa kegiatan.

Suhar memulai karir mengajarnya sejak duduk di bangku kuliah sebagai tutor di salah satu lembaga bimbingan belajar di Jakarta. Dia juga pernah menjadi asisten dosen di Universitas Paramadina, untuk mata kuliah statistik, tes inteligensi dan tes bakat. Baginya, mengajar, berbagi ilmu pengetahuan, sharing pengalaman, membantu mengembangkan orang lain adalah hal yang sangat disukainya.

Suhar memiliki ketertarikan dalam bidang pengembangan manusia, pelatihan, pengajaran dan berbagi ilmu pengetahuan. Dia percaya bahwa manusia adalah modal sekaligus faktor penentu kemajuan sebuah organisasi atau perusahaan.

Suhar sangat antusias dalam dunia Human Capital, Pendidikan, Aktivitas social dan tidak menutup kemungkinan bidang lain karena pribadinya yang suka belajar hal-hal baru. Baginya, manusia akan terus berkembang dan upgrade dengan selalu mencoba hal baru yang disukainya sehingga bisa menjadi seorang yang ahli di bidang tersebut.

Sebagai seorang Trainer, Suhar juga dipercaya untuk membawakan sesi pengembangan diri, psikologi, team building dan leadership skill baik di Perusahaan maupun di luar perusahaan. Beberapa training yang sering difasilitasinya antara lain supervisory skill, coaching skill, leading others, character building, motivation training, customer services, train the trainers, public speaking, personalities, presentation skill, people and organizational development dan banyak lagi yang lain. Background pendidikan, pengalaman di dunia professionalnya serta pengalaman dan perjalanan hidup Suhar menjadi kekuatannya dalam berbagi inspirasi dan motivasi.

Selain dunia pengembangan diri, Suhar juga memiliki ketertarikan dalam bidang penelitian. Pengalamannya mengajar tutorial Statistik, Paramadina Research Day menjadikannya semakin memahami dunia penelitian. Dua kali berturut-turut dia mendapatkan dana hibah penelitian dari Universitas Paramadina. Pengalaman tersebut membuatnya sering diminta untuk berbagi terkait dengan penelitian dan menjadi consultant penelitian untuk Mahasiswa yang sedang menyelesaikan skripsi ataupun tesis. Dalam hal tersebut, Suhar berperan menjadi consultant sekaligus megembangkan client-nya untuk lebih memahami topic penelitian yang dilakukannya.

Di luar dunia professionalnya, Suhar juga merupakan Founder sekaligus Managing Director Gerakan Tunas Bangsa. Gerakan ini akan membimbing, menuntun, dan membekali dan atau memberikan sejumlah donasi untuk membantu siswa-siswi dalam mengembangkan potensi dirinya sehingga mereka lebih berpretasi sebagai sarana menyiapkan tantangan memasuki gerbang pendidikan yang lebih tinggi. Harapannya, siswa-siswi yang kami bimbing akan lebih berdaya, mandiri, berkarakter, santun, berprestasi dan bisa menggapai mimpi-mimpinya. Lebih lengkap tentang Gerakan Tunas Bangsa bisa dilihat di website www.tunasbangsa.id

Suhar sendiri merupakan sarjana Psikologi dari Universitas Paramadina. Dia adalah penerima beasiswa “Paramadina Fellowship 2008”. Sebuah beasiswa penuh 100% untuk biaya hidup dan biaya kuliah di Universitas Paramadina. Dia menyelesaikan pendidikannya dalam kurun waktu 2 tahun 10 bulan dan mendapatkan penghargaan sebagai lulusan terbaik dengan predikat magna cumlaude.

namecard - Copy - Copy

Suhar dapat dihubungi melalui:

suhariyanto.putra@gmail.com

suhariyanto21@gmail.com

081-383-333-393

Twitter : @suhariyanto21